Kamis, 27 Desember 2007

NAMA : HUMAIDI AL-AYUBI, H.
NIM : 104053002052
FAKULTAS : DAKWAH DAN KOMUNIKASI
JURUSAN : MANAJEMEN DAKWAH

Alasan Pengambilan Judul Skripsi
Semester tujuh beberapa saat lagi akan segara berakhir. Dalam waktu yang begitu singkat ini, saya akan memulai untuk persiapan pembuatan skripsi. Pada saatnya masuk semester delapan, target saya akan selesai skripsi itu paling lama Insya Allah tiga bulan. Mudah-mudahan segala niat baik saya, terkabulkan dan berjalan sesuai dengan rencana tanpa kendala atau halangan yang dapat menghambat jalannya kelancaran skripsi saya.
Mengingat jurusan yang saya ambil adalah manajemen dakwah, maka yang saya ambil sebagai tema skripsi adalah tentang majlis taklim, karena majlis taklim itu merupakan salah satu tempat untuk melakukan dakwah.
Di sekitar tempat tinggal saya, terdapat sebuah majlis taklim yang lumayan besar, tidak kurang sekitar sepuluh ribu jama’ah yang sebagian besar jama’ahnya itu adalah tergolong tingkat anak-anak dan remaja putra, tetapi ada juga sebagian kecil remaja putri dan orang tua yang ikut di dalam majlis taklim tersebut. Jama’ah datang dari berbagai kota atau tempat tinggal, mulai dari Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Depok, Tanggerang dan sekitarnya. Adapun pengajiannya itu lebih kepada dzikir, dan sholawat, melalui pembacaan maulid shumtudduror. Majlis taklim ini dilaksanakan setiap malam Minggu sekitar jam 21.00 sampai 24.00 yang tempat pelaksanaannya itu berpindah-pindah dari tempat yang satu ke tempat yang lain, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh crew atau pengurus majlis taklim tersebut.
Majlis taklim ini bernama “Nurul Mustofa”, dan dipimpin oleh Assayyid Al-Habib Hasan Bin Ja’far Asshgaf, yang berpusat di jalan Manggis, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Sekitar tujuh tahun majlis taklim ini berjalan dan langgeng sampai sekarang.
Menurut saya, mengumpulkan jama’ah puluhan ribu itu tidaklah mudah, apalagi kebanyakan anak-anak dan remaja. Oleh karena itu, saya ingin meneliti melalui skripsi dengan judul “Kepemimpinan Habib Hasan Bin Ja’far Asshgaf dalam memimpin puluhan ribu jama’ah pada Majlis Taklim Nurul Mustofa di Jakarta”. Mudah-mudan skripsi yang saya buat ini dapat memberikan manfaat khususnya bagi saya sebagai penulis dan umumnya bagi para pembaca semua. Amiin…

Tidak ada komentar: